skip to Main Content
0811-2312-530 adminfkon@uninus.ac.id

Skripsi Mahasiswa Porgram Studi Akuntansi

No.Nama (NIM)JudulAbstrakTahun
1.DHEA AMELIA SYAFILLA
(41033403182003)
PENGARUH KESADARAN DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (STUDI PADA WAJIB PAJAK DI WILAYAH KECAMATAN PASEH KABUPATEN BANDUNG)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak membayar pajak bumi dan bangunan. data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dengan cara menyebarkan kuisioner kepada wajib pajak PBB di wilayah Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung.
Populasi pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan sampel 100 orang yang merupakan wajib pajak PBB di wilayah Kecamatan Paseh. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunaan metode convience sampling. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan alat bantu yang digunakan yaitu software SPSS 21.
Pada penelitian ini menunjukan hasil bahwa, kesadaran wajib pajak secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan, dan pengetahuan perpajakan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan. Secara simultan kesadaran wajib pajak dan pengetahuan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan dengan memperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,250 maka dari itu kesadaran wajib pajak dan pengetahuan perpajakan berpengaruh sebesar 25% terhadap kepatuhan wajib pajak dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan dan Kepatuhan Wajib Pajak Pajak Bumi dan Bangunan.
2021
2.EKA ROSTIKA
(41033403141026)
PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP
NILAI PERUSAHAAN (PBV) PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS LQ-45
PERIODE 2013-2018
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Profitabilitas dan Likuiditas tehadap Nilai Perusahaan (PBV). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 19 perusahaan. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yang tergabung dalam Indeks LQ-45.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return on Equity (X1) memiliki pengaruh secara parsial terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t hitung lebih besar dari nilai t tabel. Variabel Current Ratio (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t hitung lebih besar dari nilai t tabel. Selanjutnya Return on Investment (X3) tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Secara simultan Return on Equity (X1), Current Ratio (X2) dan Return on Investment (X3) berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil F hitung lebih besar dari nilai F tabel. Nilai koefisien determinasi atau R2 dari ROE, CR dan ROI terhadap EPS sebesar 90.5%. Sisanya sebesar 9.5% dipengaruhi faktor lain di luar dari variabel dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Return on Equity, Current Ratio, Return on Investment dan Price to Book Value
2021
3.RIDZAL MOCHAMMAD SULAEMAN
(41033403151030)
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE
DAN PROFITABILITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR
DI BURSA EFEK INDONESIA
PERIODE 2015 – 2019
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance dan profitabilitas terhadap tax avoidance. Good corporate governance yang diproksikan dengan kepemilikan institusional, kualitas audit dan komite audit. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015 - 2019. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 14 perusahaan property dan real estate dengan periode penelitian selama 5 tahun sehingga jumlah sampel yang akan diteliti adalah 70 sampel dari jumlah populasi 65 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial good corporate governance yang diproksikan dengan kualitas audit berpengaruh terhadap tax avoidance dengan nilai sig 0,050 ≤ 0,05, sedangkan kepemilikan institusional dan komite audit belum mampu membuktikan adanya pengaruh terhadap tax avoidance dengan masing – masing sig 0,566 > 0,05 dan 0,884 > 0,05. Sedangkan profitabilitas yang diukur dengan menggunakan ROA berpengaruh terhadap tax avoidance dengan nilai sig 0,011 < 0,05. Dan secara simultan good corporate governance dan profitabilitas berpengaruh terhadap tax avoidance dengan nilai sig 0,013 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan bahwa variabel tax avoidance dapat dijelaskan oleh variabel dalam penelitian sekitar 12,3% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain.

Kata kunci: good corporate governance, kepemilikan institusional, kualitas audit, komite audit, profitabilitas, tax avoidance.
2021
4.LINA HERLINA
(41033403141025)
PENGARUH AUDIT TENURE, PERGANTIAN AUDITOR, DAN KARAKTERISTIK AUDITOR TERHADAP AUDIT DELAY DI PERUSAHAAAN JASA SEKTOR REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2019Penelitian ini dilaksanakan pada jasa sektor Real Estate yang terdaftar di BEI dan hanya akan mendalami audit tenure, pergantian auditor, karakteristik auditor dan audit delay. Hasil studi pendahuluan diperoleh temuan bahwa terjadinya audit delay pada jasa sektor Real Estate, dari sekian banyak faktor yang ditemui diduga yang paling dominan pengaruhnya yaitu pergantian auditor yang sering terjadi sehingga mengakibatkan lamanya proses pengauditan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh audit tenure, pergantian auditor dan karakteristik auditor terhadap audit delay diperusaahaan jasa sektor real estate yang terdaftar dibursa efek Indonesia tahun 2014-2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dan pengoperasian perhitungannya menggunakan SPSS 24, dilakukan terhadap 150 data dari 25 perusahaan dalam periode 2014-2019.Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergantian auditor dan karakteristik auditor berpengaruh dan signifikan terhadap audit delay secara parsial, dengan nilai signifikansi < 0,05 dan audit tenure tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay secara parsial, sedangkan audit tenure, pergantian auditor dan karakteristik auditor secara simultan memiliki pengaruh yang positif terhadap audit delay dengan nilai signifikansi < 0,05. Hasil koefisien determinasi memiliki nilai sebesar 16%.

Kata Kunci: Audit Tenure, Pergantian Auditor, Karakteristik Auditor, Dan Audit Delay
2020
Back To Top